Pandangan Dari Syaitan

Pandangan Dari Syaitan

***

By : M. Roviul Rizal

Pandangan adalah sebuah panah beracun yang digunakan oleh syaitan untuk mengambil hati manusia. Pada mulanya seseorang tidak akan merasakan apa-apa terhadap dirinya, padahal hal itu akan berdampak sangat panjang terhadap dirinya. Dengan masuknya racun itu akan menyebar keseluruh tubuh manusia, meskipun panah tersebut sudah dicabut tetapi bekasnya mesih mempunyai racun yang dapat mematikan hati manusia.

Pada mulanya mungkin kita tidak merasa ada racun yang menancap dalam diri kita. Tetapi lama-kelamaan racun dari pendangan itu akan memasuki otak manusia dan mulai memikirkan tentang hal tersebut, meskipun itu tidak terasa sebagai racun tapi dengan mulainya kita memikirkannya akan sangat mudah untuk menyebar keseluruh bagian yang lain. Setelah  muncul dalam pikiran, hati kita mulai tidak tenang, sholat yang biasanya khusyu’ menjadi kebayang-bayang yang menjadi kita tidak terkontrol. Setelah tidak tahan memikirkannya, mulailah dengan sebuah sms dengan tujuan pada mulanya agar diri kitamenjadi lebih tenang, tetapi yang terjadi adalah berbalik 1800 dan racun pandangan mulai menyebar luas. Dan lama-kelamaan hati kita lah yang menjadi target utama, dengan tersebarnya virus “merah jambu” dalam diri kita akan membuat keimanan kita menjadi lebih kendor dan mungkin malah akan menyebabkan hal yang sangat tidak diinginkan.

Maka dari menjaga pandangan dalam kehidupan kita terhadap lawan jenis sangat diperlukan. Sebagaimana hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, at-Tirmidzi & Imam Ahmad.Jangan ikuti pandangan dengan pandangan yang lain.” Dan sebagaimana Firman Allah : “Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, ‘Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS. An-Nur [24] : 30).

Dari Hadits diatas kita dilarang mengikuti pandangan yang lain. Kenapa kita dilarang dalam pandangan yang lain?. Dalam hal pandangan, kita boleh memandang hanya pada pandangan pertama atau pandangan yang tidak disengaja, sedangkan untuk pandangan selanjutnya kita dilarang, seperti dalam Hadits diatas. Kita dilarang pada pandangan setelah pertama karena pada pandangan setelah pertama adalah pandangan nafsu, karena pada pandangan kedua adalah pandangan rasa penasaran kita terhadap lawan jenis kita, sedangkan penasaran itu sangat dekat dengan rasa nafsu kita, maka kemungkinan muculnya nafsu itu sangat besar.

Dan dalam ayat diatas disebutkan bahwa kita disuruh menahan pandangan dan menjaga kemaluan. Antara pandangan dan masalah kemaluan sangat berkaitan, dimana telah tersebut diatas bahwa pandangan adalah panah beracun yang dapat meracuni hati kita, dengan teracuni hati kita maka semua yang dilakukan oleh hati yang teracuni akan berdasarkan nafsu dan disitulah nafsu dari syaitan akan memperdayakan kemaluan kita, dan disinilah letak permasalahannya.

Semoga Allah menjaga pandangan dan kemaluan kita.

Tetapi permasalahan yang terjadi sekarang adalah masyarakat menganggap sebuah pandangan ke lawan jenis adalah hal yang biasa. Hal itu terjadi karena meraka kurangan mengetahui akan hal menjaga pandangan. Itulah visi dari syaitan, sebuah hal yang sangat luar biasa dampaknya dalam diri kita dan yang mempertaruhkan  keimanan kita menjadikan sebuah hal yang biasa dan lumrah dimata Umat saat ini. Bahkan saat ini hal yang luar biasa dampaknya (berpandangan dengan lawan jenis) dianggap biasa, sedangkan hal yang dilakukan untuk menjaga keimanan malah dianggap aneh.

Wallahu’alam

About roviul rizal

saya hanyalah manusia yang akan selalu belajar untuk istiqomah

Posted on 1 January 2011, in artikel islam and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. subhanallah…syukron ats artikelnya..

  2. makasih atas infonya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: