Ayo Pakai Batik….!!!!

Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

news about batik :

JAKARTA (A26 News) – Konsisten memakai batik sebagai busana kerja setiap hari belum tentu bisa dilakukan oleh orang pribumi. Namun, hal itu justru dilakoni oleh seorang Palestina nomor satu di Indonesia.

Dia adalah Fariz Mehdawi, sang Duta Besar Palestina untuk Indonesia. Batik adalah pakaian yang kerap digunakannya dalam berbagai pertemuan kenegaraan atau acara resmi lainnya selain setelan jas.

“Saya satu-satunya Duta Besar untuk Indonesia yang menggunakan batik setiap hari,” tegasnya, kepada okezone, di ruang kerjanya, Kedubes Palestina, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (2/5/2010).

Hal ini bukan omong kosong belaka. Kegemarannya menggunakan batik terbukti tidak hanya saat dinas bekerja di Tanah Air. Namun, juga dia tularkan kepada rekan-rekannya sesama duta besar Palestina yang ditugaskan di berbagai negara.

Pria yang akrab disapa Mr Mehdewi itu pun bercerita mengenai pengalaman lucunya. “Suatu ketika ada pertemuan para duta besar Palestina di Palestina. Lalu mereka (para dubes) saya bagi-bagikan kain batik,” ceritanya.

Setelah dibagikan, lanjut pria yang lahir di Tulkarem ini, ternyata para dubes menjahitnya dan bersama-sama mengenakannya pada saat pertemuan.

“Lalu pak pimpinan bertanya kepada saya, ‘Mehdawi, siapa mereka yang menggunakan seragam? Apakah mereka tim dari luar negeri?’. Saya pun menjawab, ‘Bukan, mereka orang kita, mereka para duta besar. Mereka menggunakan batik’,” ceritanya terkekeh-kekeh. (Okezone)

Duta Besar Palestina untuk Indonesia aja setiap harinya memakai Batik, kok kita yang orang indonesia yang memiliki batik tidak mau memakai batik??? ayo semuanya pakai batik…

About roviul rizal

saya hanyalah manusia yang akan selalu belajar untuk istiqomah

Posted on 9 May 2011, in inspirasi, teknologi, video and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: