Meraih Semangat Ramadhan ditengah OSPEK

Tidak terasa kita telah memasuki Bulan suci Ramadhan, bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Setiap Muslim di Dunia sangat menanti akan hadirnya Bulan yang suci ini, mereka menanti keberkahan Allah yang Allah berikan kepada mereka berlipat-lipat pahala kepada siapa yang berpuasa di Bulan tersebut. Allah mewajibkan kita sebagai orang yang beriman untuk berpuasa satu bulan penuh.

Dalam Ramadhan kali ini terlihat spesial buat Mahasiswa Baru Universitas Brawijaya, karena OSPEK dilakukan bertepatan pada Bulan Ramadhan dimana-para Maba dan panitia sedang berpuasa. Orang yang benar teruji adalah orang yang pada saat berpuasa melakukan aktivitas seperti biasanya (aktivitas yang bermanfaat dan dibenarkan) dengan tidak membatalkan puasanya dan menghilangkan prilaku yang kurang produktif dan yang dilarang.

Kita patut bersyukur karena telah dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Lantas bagaimanakah cara kita menunjukkan rasa syukur kita terhadap nikmatnya bulan Ramadhan ini? Itulah pertanyaan yang patut kita tanyakan kepada diri kita sendiri. Salah satu dan paling mudah untuk menunjukkan rasa syukur dalam menikmati bulan Ramadhan ini adalah rasa semangat Ramadhan itu sendiri. Kita harus menjalani bulan Ramadhan ini dengan penuh semangat dan suka cita.

Mulailah dari diri sendiri dan mulailah dari yang kecil, semoga semangat Ramadhan mampu membawa kita menjadi insan yang lebih produktif.

Lalu apakah hanya dengan semangat itu sudah cukup? Tentunya rasa semangat dalam menyambut bulan Ramadhan ini harus kita imbangi dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang sangat positif dan tidak lepas dari itu juga harus memiliki nilai ibadahnya. Intinya adalah bagaimana kita bisa menjadikan semangat Ramadhan ini sebagai pelatihan sekaligus perubahan untuk menjadi manusia yang lebih produktif dan bisa bermanfaat untuk sesama. Sangat banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai insan yang produktif terutama dalam menghadapi bulan puasa seperti saat ini dan bebarengan dengan adanya ospek. Mungkin kita harus lebih bersyukur karena ospek dilakukan dibulan Ramadhan, karena dengan dilakukannya dibulan Ramadhan maka kita akan lebih produktif beraktifitas karena telah dituntut dan mungkin beberapa diantara kita mungkin pada saat bulan Ramadhan libur total malah akan membuat diri kita tidak produktif.diSitulah letak nikmat dari diadakannya ospek dibulan Ramadhan.

Ramadhan bukan alasan bagi kita untuk berleha-leha dan bulan kambing-hitam. sebaliknya, di bulan yang penuh dengan keberkahan ini kita harus tetap semangat dalam beraktivitas. Bukankah, Ramadhan ini sendiri memiliki makna membakar?

Diriwayatkan dalam Shahih Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi bersabda:

“Setiap amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, ‘Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. la telah meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karena-Ku.’ Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan, yaitu kesenangan ketika berbuka puasa dan kesenangan ketika berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh, bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada aroma kesturi.”

orang yang berpuasa senantiasa dalam keadaan ibadah pada siang dan malam harinya. Dikabulkan do’anya ketika berpuasa dan berbuka. Pada siang harinya ia adalah orang yang berpuasa dan sabar, sedang pada malam harinya ia adalah orang yang memberi makan dan bersyukur. Allah akan mengabulkan do’a kita apabila dalam ibadah puasa kita dilakukan dengan ber-taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah. Sebagai insane yang beriman sudah selayaknya Kita membuat ospek dibulan Ramadhan kali ini sebagai salah satu dari bentuk Taqarrub kita kepada Allah, karena itulah yang harusnya dilakukan oleh seorang muslim.

About roviul rizal

saya hanyalah manusia yang akan selalu belajar untuk istiqomah

Posted on 12 August 2011, in uneg-uneg and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Bismillah..

    Teriring do’a dan seluruh permintaan maaf atas dosa & khilaf yg ana lakukan, Taqobbalallohu minna wa minkum.. Semoga Alloh menerima semua amalan ibadah qta di Bulan Ramadhan kemarin.. ^^

  2. gimana OSPEK di Ramadhan nya, apa berhasil?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: