Panduan Hidup | renungan

image

Bismillahirrohmanirrohim..
Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmatnya kepada kita.  Nikmat islam, iman dan taqwa.. kpada kita yang memintanya ataupun tidak.. karena Allah lah maha pemberi dan penyayang..

(مَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لِتَشْقَىٰ)
[Surat Ta-Ha : 2]

Jika kita beli peralatan elektronik, maka pasti akan ada Ţāhā:2 – Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah; atau manual book yang harus digunakan oleh user agar alat tsb tidak gampang rusak dan agar tetap bekerja dg baik.
Bagitu pula dengan hidup ini.. Allah memberikan manual book untuk manusia yaitu berupa Al-Qur’an.
Kalau kita mau jujur.. sebenarnya Al-Qur’an sbg pedoman hidup itu pasti semua orang paham.. tapi niatan untuk melaksanakan panduan itu yang sering terlupa atau enggan melaksanakannya..

Padahal sudah jelas dalan qur’an surat thaha ayat 2.. yang artinya..

“Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah”

sudah jelas kan…?? Kalau Allah menurunkan Al-qur’an bukan untuk membuat umatnya susah.. justru dengan adanya al-quran inilah hidup kita di dunia ini akan menjadi lebih mudah. Karena itulah pedoman kita didunia..
Semua aturan kehidupan ada di dalamnya. Ekonomi? Rumah tangga? Negara? Mendidik anak, istri, keluarga dan masyakat?, pngetahuan alam? Pengetahuan biologi?? Dll.. semuanya ada di dalam al-quran..
Allah yang menciptakan kita, alam ini dll.. bagaimana mungkin Allah tidak memberikan pedoman kepada kita yang sejatinya adalah bodoh. Karena karunia dan kasih sayang Allah lah kita di beri pedoman hidup..

Terkadang kita kalah dengan kaum non muslim.. mereka memanfaatkan al quran untuk ilmu pengetahuannya.. dan itu terbukti. Meskipun mereka tidak beriman dan berislam.. tapi mereka mengakui al quran adalah firman Tuhan.. karena mereka mengkajinya dan bahkaan ada pula yang menerapkannya..

Tapi kita yang sudah sejak laahir berislam.. kita enggan untuk mengkaji al quran.. kalau tidak tahu artinya kan ada terjemahan.. sudah tau kita lemah dalam bahasa arab, bahasa agama  dan kitab kita.. kita malah enggan belajar dan membaca yg sudah ada terjemahnya..

Umat agama lain akan lenih maju jika meninggakan kitabnya.. tp umat muslim kalau menjauh dari kitabnya maka tidak akan maju kaumnya..
Semoga allah memberikan rahmatnya kepada kita semua..
Aamiin

Wallahu’alam..

About roviul rizal

saya hanyalah manusia yang akan selalu belajar untuk istiqomah

Posted on 12 January 2014, in artikel islam, inspirasi, renungan, uneg-uneg and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: